Detail Berita
Beranda > Berita > Detail Berita

Vaksinasi Gotong Royong & Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)




Bandung , Sabtu 2021-06-19

Vaksinasi Gotong Royong

Dalam rangka mendorong pelaksanaan vaksinasi Covid-19, pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara ( BUMN )membuat program vaksinasi gotong royong yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 tahun 2021, tentang pelaksanaan vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi COVID-19. Program yang dimulai pada 17 Mei 2021 itu ditujukan bagi karyawan/karyawati, keluarga, dan individu lain dalam keluarga yang pendanaannya dibebankan pada badan hukum atau badan usaha.

Sebagai tanggapan dari hal tersebut Ibu Ning Wahyu Astutik ( Ketua DPP APINDO JABAR 2021 – 2026 ) menyampaikan:

1. Asosiasi Pengusaha Indonesia ( Apindo ) Jawa Barat menyambut dan siap berkolaborasi dengan pemerintah provinsi untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat. Apindo Jabar pun siap menyediakan tempat yang luas dan representatif termasuk menyediakan tenaga kesehatan jika diperlukan.

2. Keterlibatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat harus berada pada skala prioritas, jika ingin secepatnya mewujudkan herd immunity.

3.Program vaksinasi gotong royong, akan menimbulkan optimisme dunia usaha untuk segara bangkit setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19.

  • Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mengajukan vaksinasi Covid-19 bagi pekerja melalui program yang diinisiasi Kementerian BUMN tersebut.Namun kuota vaksin untuk program ini ternyata sangat terbatas, sehingga pengusaha tidak tahu harus sampai kapan menunggu.

4. Beberapa perusahaan di Jabar sudah melakukan vaksinasi gotong royong. Diantaranya, Indocement Tunggal Prakarsa, PT HM Sampoerna Tbk, Pan Brothers, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Coca Cola Bottling Indonesia, Sinar Mas, Astra Otoparts, Ariobimo Laguna Perkasa, Gajah Tunggal, Indah Kiat Pulp & Paper, serta Asahimas Flat Glass.

  • Perusahaan tersebut merupakan anggota Apindo Jabar yang sudah melaksanakan vaksinasi gotong royong, meski belum semua karyawannya mendapatkan vaksin. Tapi tidak semua anggota siap karena tidak semua perusahaan anggota mampu,

Harga Vaksin Gotong Royong

  • Dalam program vaksinasi gotong royong, penerima vaksin tidak dipungut biaya atau gratis. Biaya pembelian vaksin pun dibebankan kepada perusahaan atau badan hukum yang menaungi para pekerja. Untuk harga pelayanan vaksin gotong royong diatur melalui Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021/.
  • Harga vaksin produksi Sinopharm melalui penunjukkan PT Bio Farma (Persero) untuk vaksinasi gotong royong yakni harga pembelian vaksin Rp321.660 per dosis dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi Rp117.910 per dosis.

 

Jenis Vaksin yang digunakan Program Vaksinasi Gotong Royong.

  • vaksin yang digunakan yakni vaksin Sinopharm dan vaksin Cansino Biologics. Sehingga program ini tidak menggunakan vaksin gratis yang disediakan pemerintah yakni vaksin Sinovac, AstraZeneca, Novavax, dan Pfizer.
  • Pemerintah telah membuat kontrak pengadaan vaksin Sinopharm sebanyak 7,5 juta dosis, dengan jumlah vaksin yang tersedia mencapai 500 ribu dosis. Sementara untuk vaksin Cansino Biologics dari China, akan disediakan sebanyak 5 juta dosis vaksin dan hanya diberikan dalam satu dosis suntikan.

Tempat Pelaksanaan Vaksinasi.

  • program ini hanya boleh dilakukan di fasilitas layanan kesehatan milik swasta yang memenuhi persyaratan. Sedangkan pengadaan vaksin merupakan tanggung jawab Kementerian BUMN dan PT Bio Farma, termasuk untuk distribusi vaksin ke fasilitas pelayanan kesehatan milik swasta yang sudah bekerja sama dengan badan hukum atau badan usaha.
  • Meski digelar di layanan kesehatan swasta, namun data vaksinasi tetap dilaporkan kepada Kemenkes. Setiap perusahaan yang akan menjalankan vaksinasi gotong royong pun harus melaporkan peserta penerima vaksinasi kepada Kemenkes.

Dukung Kebijakan PPKM

Selain siap berkolaborasi dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Apindo Jabar pun mendukung kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sebagai langkah pengendalian penyebaran Covid-19.

Untuk hal tersebut Ibu Ning Wahyu Astutik ( Ketua DPP APINDO JABAR 2021 – 2026 ) menyampaikan:

1. Kebijakan yang saat ini dilakukan, dinilai penting meski berdampak terhadap produktivitas di dunia usaha.

  • Seperti biaya ekstra untuk swab test yang harus secara rutin dilakukan pada karyawan itu cukup besar. Belum lagi apabila ada yang positif, tracing dan berbagai macam langkah prokes (protokol kesehatan) harus dilakukan,

2. Apindo Jabar berharap, PPKM bisa menekan laju Covid-19 yang saat ini meningkat sehingga bisa terkendali atau bahkan hilang, Dengan demikian, kegiatan perekonomian pun bisa kembali menggeliat.

3. kampanye dan edukasi tentang pentingnya protokol kesehatan tetap dilakukan secara masif. Termasuk implementasi prokes di mana pun berada.

4. Tetap pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. Secara tidak langsung,sebagian masyarakat itu pekerja dan dunia usaha pun cukup terbantu dalam mengendalikan Covid-19.


Berita Lainnya

No Image
PENGUKUHAN KEPENGURUSAN DPP APINDO JABAR YANG DI HADIRI OLEH MENTERI BUMN ERICK THOHIR Bandung , Kamis 2021-11-19
No Image
PERTEMUAN INFORMAL MENTERI BUMN RI - BPK. ERICK THOHIR DENGAN PENGURUS DPP APINDO JABAR Bandung , Sabtu 2021-10-09
No Image
MUSKABLUB (MUSYAWARAH KABUPATEN LUAR BIASA) DPK APINDO Kabupaten Sukabumi Sukabumi , Jumat 2021-10-01
No Image
Rapat Kerja dan Konsultasi Provinsi (Rakerkonprov) “PENGUSAHA KUAT – JABAR HEBAT – INDONESIA PESAT” Bandung , Senin 2021-09-20
No Image
Percepatan Pembentukan Herd Immunity, Vaksinasi Industri Padat Karya Gencar Dilaksanakan Tangerang , Selasa 2021-08-17
No Image
Vaksinasi Menjadi Kunci Pemulihan Ekonomi Tangerang , Rabu 2021-08-11
No Image
DPK APINDO Kab. Bogor Bersama Bupati dan Dinkes Kab. Bogor serta Instansi terkait lainnya Gelar Vaksinasi di Cileungsi Cileungsi, Bogor , Minggu 2021-08-01
No Image
Pemkab bersama Polres Metro Bekasi Merubah kompleks perumahan Beverly Hills Jababeka menjadi tempat isolasi terpusat Cikarang, Bekasi , Rabu 2021-07-28
No Image
DPK Apindo Kota Bogor berikan bansos kepada warga terdampak covid-19. Bogor , Rabu 2021-07-28
No Image
Usulan Apindo Jabar Melakukan 3T untuk menekan penyebaran Covid-19 Bandung , Minggu 2021-08-01
No Image
Kolaborasi PT. MPI dengan Apindo dan Polda Jabar dalam Menggelar Vaksinasi Gratis Bandung , Selasa 2021-07-13
No Image
Keluhan Para Pelaku Usaha dan Dampak PPKM Darurat, Jawa – Bali (08-20 Juli 2021) Bandung , Jumat 2021-07-09
No Image
Kerjasama dengan TNI, POLRI dan KEMENKES RI, APINDO JABAR kembali mengadakan vaksinasi massal di Youth Centre, Arcamanik Kota Bandung , Kamis 2021-07-08
No Image
Kolaborasi APINDO JABAR - POLDA JABAR Dalam Mensukseskan Program Nasional Sejuta Vaksin Covid-19 Perhari Cimahi , Sabtu 2021-07-03
No Image
Dukungan Apindo Jabar Mengenai Kebijakan PPKM Darurat Oleh Pemerintah Bandung , Jumat 2021-07-02
No Image
Dukungan Apindo Jabar untuk POLDA Jabar dalam Program Nasional Sejuta Vaksinasi Covid-19 per Hari Oleh TNI - POLRI Bandung , Sabtu 2021-06-26
No Image
Hubungan Kerja sama investasi Apindo Jabar – Hong Kong Bandung , Senin 2021-05-28
No Image
Diskusi Mengenai Akselerasi Perekonomian Jabar Bersama Gubernur Jawa Barat Bandung , Kamis 2021-05-27
No Image
Penggantian spesimen tanda tangan & Serah terima keuangan DPP Bandung , Kamis 2021-05-20
No Image
Webinar Sosialisasi Program KOMCAD bersama DPN APINDO dan Kemenhan Bandung , Selasa 2021-05-18